Saturday, August 6, 2016

Sebagian Tombol Keyboard Laptop Tidak Berfungsi ? Ini Solusinya !

Tech 4 Share - Mendapati keyboard laptop tidak berfungsi memang menyebalkan, apalagi saat kita membutuhkannya untuk mengetik dalam mengerjakan suatu tugas. Tidak berfungsinya sebagian atau seluruh tombol keyboard bisa disebabkan karena terjadi masalah pada software maupun hardwarenya dan memerlukan perbaikan yang tepat. Dibawah ini terdapat beberapa solusi yang bisa anda lakukan untuk mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi.

Keyboard Laptop
Keyboard Laptop

Cara Mengatasi Tombol Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi

Solusi 1 : Trik Sederhana
  1. Matikan laptop kemudian cabut kabel charger dan batrei laptop
  2. Tekan tombol Start selama 60 detik
  3. Pasang batrei laptop dan nyalakan kembali

Coba tekan tombol yang tidak berfungsi apakah sudah jalan atau belum. Dalam beberapa kasus yang saya baca, beberapa orang berhasil dengan cara ini.

Solusi 2 : Periksa Driver Keyboard
Cek pada Device Manager di Control Panel, disana akan diperlihatkan semua driver yang ada pada laptop kita, cek pada bagian Keyboard dan lihat driver yang terinstall apakah memiliki tanda warning atau tidak dan cobalah update driver tersebut untuk mendapatkan versi yang up to date.

Solusi 3 : Restore System
Bila keyboard tidak berfungsi setelah menginstall software atau aplikasi baru pada laptop anda, kemungkinan aplikasi tersebut mengandung virus yang bisa mematikan kerja keyboard anda. Untuk mengatasinya agar tak perlu melakukan install ulang adalah dengan merestore system pada laptop anda ke system sebelum diinstallnya aplikasi tersebut. Caranya masuk ke Control Panel kemudian dibawah System anda Security klik Back up Your Computer lalu klik Recovery System Setting or Your Computer, setelah itu klik Open System Restore. Lakukan beberapa langkah dalam System Restore kemudian Restart Laptop anda dan cek apakah keyboard sudah berfungsi kembali atau belum.

Solusi 4 : Bawa Ke Tempat Service Laptop Profesional
Jika solusi-solusi di atas tidak bekerja kemungkinan terdapat masalah pada hardware entah itu karena keyboard terkena air ataupun karena banyak debu yang perlu dibersihkan. Jika anda masih memiliki garansi silahkan bawa ke tempat garansinya. Namun jika sudah habis silahkan anda bawa ke tempat service profersional yang sudah terpercaya untuk menghindari kerusakan yang tidak diinginkan.

Solusi 5 : Menggunakan Keyboard Eksternal
Dalam keadaan mendesak mungkin anda tidak punya waktu untuk menunggu keyboard dibetulkan, gunakanlah keyboard eksternal untuk sementara, anda bisa membelinya di toko elektronik terdekat anda dengan harga yang lumayan murah dan pastikan portnya berbentuk usb.

Itulah beberapa solusi untuk mengatasi tombol keyboard laptop yang tidak berfungsi, semoga bermanfaat dan keyboard anda bisa berfungsi kembali.

Tech 4 Share

0 comments

Post a Comment